Selasa, 03 Agustus 2010

System Informasi

Perspektif Analisis System Informasi
Information system (IS) adalah pengaturan manusia, data, proses dan teknologi informasi yang berinteraksi untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan, dan menyediakan output informasi yang diperlukan untuk mendukung sebuah organisasi.
Sebuah system informasi dapat dilihat dari berbagai perspektif di antaranya adalah :
1. Players
2. Bussiness Drivers
3. Technology Drivers
4. Process


1. PLAYERS
Players adalah orang-orang yang mampu bekerja atau mengoperasikan sebuah system informasi baik secara teknis maupun nonteknis yang dibagi menjadi empat bagian sehingga dapat membentuk sebuah systems analysts and project managers, diantaranya yaitu :

a. System Owner
Sytem Owner merupakan Pemilik sistem yang berasal dari tim manajemen, tergantung dari ukuran sitem itu sendiri. Pemilik sistem lebih memikirkan seberapa besar nilai dan keuntungan dari sebuah sistem informasi untuk perusahaan.

b. System user
Dalam penggunaan sistem dibagi menjadi dua, yaitu pengguna sistem internal (Admin, Staff, dan Supervisor) dan eksternal (Pelanggan, pemasok, Rekan bisnis, dan Karyawan).

c. System Designer
System Designer atau desainer sistem lebih memperhatikan pada pilihan teknologi informasi dan desain sistemnya.

d. System Builder
System Builder atau pembangun system, bertugas membangun sistemnya berdasarkan spesifikasi dari desainer sistem dan bertanggung jawab pada pembangunan sistem.

2. BUSSINESS DRIVERS
Pekembangan teknologi saat ini dapat meningkatkan persaingan bisnis yang semakin ketat. Sehingga bannyaknya teknologi canggih yang terus bermunculan dan saling bersaing untuk menjadi yang terbaik.

Oleh karena itu para pebisnis harus dapat memahami :
a. Globalization of the Economy
Dalam perdagangan global, sebuah perusahaan harus mempunyai seseorang yang dapat berkomunikasi dan mengerti segala sesuatu yang ada dalam Globalisasi Ekonomi. Dengan segala kemampuan membaca peluang dan ancaman, komunikasi baik lisan maupun tulisan dan mampu memanajemen dengan baik.

b. Electronic Commerce and Business
Electronic Commerce merupakan konsep baru yang bisa digambarkan sebagai proses jual beli barang atau jasa pada world wide web internet atau proses jual beli atau pertukaran produk jasa dan informasi melalui jaringan informasi.

c. Security and Privacy
Security dan privacy sangat perlu diperhatikan dalam pengamanan data. Oleh karena itu diperlukan mekanisme audit secara rutin dalam setiap pengembangan sistem.

d. Collaboration and Partnership
Dengan adanya kerjasama antar pengguna maupun adanya pesaing, maka secara tidak langsung akan meningkatkan mutu suatu aplikasi sistem informasi yang berguna bagi perusahaan dan dapat membantu masing–masing perusahaan memperoleh keuntungan.e. Knowledge Asset Management. Dalam pengetahuan bisnis tidak cukup dengan mengumpulkan data dan pencarian informasi saja, tetapi juga pengenalan akan aplikasi sistem maupun peralatan juga cara penggunaan sebuah sistem.

e. Continuous Improvement and Total Quality Management
Yang belum ada pada masa lalu diadakan pada masa sekarang dan proses yang ada pada masa lalu diteruskan pada masa sekarang begitulah seterusnya. Jadi semakin lama proses akan semakin menuju ke sebuah kesempurnaan yang lebih efisien dan praktis untuk digunakan. Sedangkan manajemen kualitas total yaitu mampu bertanggung jawab atas kualitas di antaranya mampu mengidentifikasi indicator kualitas dan membuat perubahan yang diperlukan untuk memperbaiki kualitas.

f. Business Process Redesign
Dalam sebuah sistem terdapat hal-hal yang tidak efisien. Jadi dalam setiap tahapan proses perlu dilakukan desain ulang agar sistem tersebut lebih baik dari yang sebelumnya. Dalam hal ini proses desain ulang harus diperhatikan apakah akan lebih baik dari yang sebelumnya atau tidak.

3. TECHNOLOGY DRIVERS

a. Jaringan dan Internet
Jaringan yang paling dikenal oleh masyarakat saat ini adalah internet dimana seseorang dapat mencari informasi, maupun menyebarkan Informasi ke seluruh dunia dengan teknologi ini.

b. Teknologi Mobile dan Nirkabel
Teknologi mobile dimana diciptakannya alat-alat ringkas yang berguna untuk mendukung akses jaringan komunikasi dan internet. seperti Computer, Laptop, PDA, HP dll.

c. Teknologi Objek
Memanfaatkan teknologi perangkat lunak yang mampu mendefinisaikan sistem dalam hal objek data dan tingkah laku. Keuntungannya adalah mempersingkat waktu yang diperlukan untuk mengembangkan sistem.

e. Teknologi Kolaboratif
Dengan meningkatkan komunikasi antarpersonal dan kerja tim, maka produktivitas implikasi tingkat layanan menjadi signigfikan dan dapat menghasilkan sesuatu yang maksimal.

f. Aplikasi Enterprice
Dalam sebuah sistem teknologi banyak membutuhkan berbagai aplikasi dan belum tentu dalam setiap teknologi dapat memiliki aplikasi yang lengkap, maka hal ini akan menjadi pembatas dalam teknologi.

4. PROCESS

a. System Initiation
Menganalisa masalah yang diperlukan untuk memecahkan masalah agar dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan.

b. System Analysis
Spesialis yang mempelajari masalah dan kebutuhan sebuah organisasi untuk menentukan bagaimana orang, data, proses, dan teknologi informasi dapat berguna bagi bisnis.

c. System Design
Mengeksplorasi solusi teknis alternatif dan mendesain sistem dari solusi yang telah terpilih.

d. System Implementation
Mengimplementasikan sistem yang baru dan menempatkannya ke dalam operasi bisnis. Disini sistem tersebut diuji, dan dimastikan bahwa sistem bekerja secara maksimal dan bermanfaat bagi user.

0 komentar:

Posting Komentar